• Identitas

 Irfan Haarys Bachdim(lahir di Amsterdam, 11 Agustus 1988; umur 22 tahun) adalah pemain sepak bola Indonesia keturunan Belanda.  Ia tergabung dalam timnasIndonesia asuhan Alfred Riedl untuk Piala AFF 2010. Dalam bermain, ia bisa menempati berbagai posisi seperti penyerang,gelandang maupun sayap.

   Irfan terlahir dari keluarga pesepakbola. Ayahnya merupakan mantan pesepakbola dari klub PS Fajar Lawang (anggota kompetisi internalPersekam Malang) pada era 80-an. Kakeknya Ali Bachdim merupakan mantan pemain Persema Malang, PSAD Jakarta, dan PS Hisbul Wathon yang mayoritas beranggota pemain keturunan Arab.

 

  • Keunggulan Irfan Bachdim

    Saat Indonesia mengalahkan Malaysia 5-1 di Gelora Bung Karno pada ajang AFF 2010. Irfan sendiri mencetak 1 gol dalam pertandingan tersebut.

    Saat di lapangan, Irfan sering menampilkan speed yang

mengagumkan. Dalam keadaan membawa bola maupun tidak, kecepatan berlarinya masih tetap sulit disaingi lawan. Terbukti saat ia menceploskan gol ke gawang Laos pada AFF Cup 2010. Lewat umpan dari Gonzales ia mengejar bola tanpa diketahui dan tak terkejar lagi oleh para pemain Laos sehingga ia dengan kecepatannya mampu membawa keunggulan 4-0 untuk Indonesia.

 

  • Keistimewaan Irfan Bachdim

  Karena dari kecil dia hidup di Eropa (Belanda) yang notabene adalah pusat sepakbola modern, Irfan memiliki gaya bermain yang berbeda dengan pemain lokal Indonesia. Style bermain modern lebih enak ditonton dan tidak menjenukan. Dan Irfan memilikinya. Tak khayal lagi jika ia membawa bola, penonton mampu tersihir dengan gayanya.         Maka dari itu para wanita banyak yang menyukai dan mengaguminya apalagi para wanita remaja.